PERTEMUAN KE-4
Nama
sekolah :
SMAN 1 Masbagik
Kelas / Program :
X Umum
Mata
Pelajaran :
PPKn
Materi
Pokok/ Tema : Nilai-nilai Pancasila
dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara
Alokasi
Waktu :
2 X 45’
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Komptensi
Dasar
1.1.
Mensyukuri
nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk
pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyenggaraan
pemerintah Negara
3.1 Menganalisis
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.1 Mewujudkan
keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1.
Menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa
kepada Tuhan YME
1.1.2.
Menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat dan
karunia Tuhan YME
1.2.1.
Menunjukkan perilaku bersyukur sebagai bangsa
Indonesia
1.2.2.
Menunjukkan perilaku bersyukur dengan adanya
jaminan memeluk agama dan meyakini kepercayaan terhadap Tuhan YME
1.1.1.
Menunjukkan perilaku menghormati kebebasan
memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing
1.1.2.
Menunjukkan perilaku menghormati kebebasan
menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
1.4.2.
Menjaga lingkungan hidup disekitar rumah
tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat
1.4.3.
Memelihara hubungan baik dengan sesama umat
beragama yang berbeda-beda
2.1.1.
Menunjukkan perilaku jujur dalam proses
pembelajaran
2.1.2.
Menunjukkan perlaku disiplin dalam proses
pembelajaran
2.1.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam
proses pembelajaran
2.2.3.
Menunjukkan perilaku kerja sama dalam proses
pembelajaran
2.3.1.
Menunjukkan perilaku gotong royong dalam
proses pembelajaran
2.3.2.
Menunjukkan perilaku toleransi dalam proses
pembelajaran
2.3.3.
Menunjukkan perilaku damai dalam proses
pembelajaran
2.4.2.
Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif
dalam proses pembelajaran
2.5.1.
Menunjukkan perilaku santun dalam proses
pembelajaran
3.1.9 Menguraikan fungsi lembaga pemerintah non-kementerian
di Indonesia
3.1.10 Menjelaskan nilai-nilai Pancasila dalam
penyelenggaraan pemerintahan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara melalui mengamati,
mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara dengan baik.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik
Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non
kementerian.
·
Lembaga Pemerintah Non-Kementerian
2.
Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan Pemerintahan
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode :
Diskusi kelompok
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
Stimulasion
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
1.
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
3.
Mengantarkan peserta didik kepada suatu
permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai;
4.
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk
menyelesaikan permasalahan atau tugas.
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi)
Data collection (pengumpulan data)
Data procecing (pengolahan data)
|
1. Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengkaji buku paketnya mengumpulkan
data terkait fungsi lembaga pemerintah non kementerian
2. Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi/ Tanya jawab
terkait data yang sudah dikumpulkan
3.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mengamati video terkait penyelenggaraan pemerintahan
4.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya terkait dengan video yang baru saja diamati
5.
Sampaikan apresiasi kepada peserta didik yang
sudah berpartisipasi dalam proses menanya.
6.
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk
menyelesaikan tugas terkait Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan Negara Indonesia
7.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
menyampaikan hasil akhir diskusinya.
|
50 menit
|
Penutup
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
1.
Guru bersama peserta didik bersama-sama
menyimpukan materi lembaga pemerintah non-kementerian dan nilai-nilai
Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
2.
Guru bersama peserta didik melakukan
refleksi terkait materi
3.
Guru melakukan tindak lanjut untuk
pembelajaran pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
H.
Penilaian
Aspek yang dinilai :
Pengetahuan
Teknik penilaian :
Tes tulis (Kuis edmodo)
I.
Media/ alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/
alat : LCD Proyektor,
whitboard, minispeaker, laptop
Sumber
belajar :
Buku
Siswa PPKn Untuk SMA/ MA/ SMK (Wajib) Seri Character
Building
Buku
saku UUD NKRI 1945
www.edomodo.com
(Kelas X MIPA 5:jcxhd5)
J.
Lampiran
PENILAIAN
ASPEK PENGETAHUAN
KISI-KISI
SOAL MAKE A MATCH
Nama sekolah :
SMAN 1 Masbagik
Kelas/ Semester : X/ 1
TP :
2018/ 2019
KD :
3.1
Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator
soal
|
Level
kognitif
|
No. soal
|
Bentuk
soal
|
1
|
3.1
Menganalisis
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
|
Lembaga pemerintah non-kementerian
|
Disajikan tabel
lembaga pemerintah non kementerian dan tugas/ fungsinya
|
Penalaran (C4)
|
1,2,3,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15
|
MM
|
2
|
3.1
Menganalisis
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
|
Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan
Pemerintah
|
Disajikan
5 (lima) Nilai dalam Pancasila yang mencerminkan pelaksaanaan praktik dalam
penyelenggaraan negara
|
C3
|
16,17,18,19,20
|
PG
|
SOAL
MAKE A MATCH
No
|
Nama Lembaga
Pemerintah Non Kementerian
|
No
|
Tugas/ fungsi
|
1
|
Badan
Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)
|
A
|
Mengatasi
masalah TKI
|
2
|
Badan Narkotika
Nasional (BNN)
|
B
|
Mengatasi
masalah Narkotika
|
3
|
Badan
Intelijen Negara (BIN)
|
C
|
Perkiraan
cuaca, iklim
|
4
|
Badan
Kepegawaian Negara
|
D
|
Mengangkat
dan memberhentikan aparatur sipil Negara
|
5
|
Badan Nasional
Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia
|
E
|
Izin
beredarnya obat dan makanan
|
6
|
Badan
Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
|
F
|
Menekan
angka pertumbuhan penduduk
|
7
|
Badan
Pertanahan Nasional (BPN)
|
G
|
Mengatasi
masalah terorisme
|
8
|
Badan
Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
|
H
|
Investasi dan
permodalan
|
9
|
Badan
Pusat Statistik (BPS)
|
I
|
Pendataan
resmi milik Negara
|
10
|
Badan
Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
|
J
|
Mitigasi
bencana
|
11
|
Badan
Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
|
K
|
Rahasia
Negara
|
12
|
Badan Meteorologi,
Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
|
L
|
Mengawasi
keuangan dan asset milik Negara
|
13
|
Badan Pengawasan
Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
|
M
|
Perkembangan
ilmu pengetahuan
|
14
|
Badan Kependudukan
dan Keluarga Berencana (BKKBN)
|
N
|
Menyelesaikan
masalah lahan
|
15
|
Lembaga Ilmu
Pengetahuan Indonesia (LIPI)
|
O
|
Merencanakan
pembangunan nasional jangka pendek maupun jangka panjang
|
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Pentingnya kerja sama
antar tokoh agama dalam menyusun kebijakan public agar tidak menimbulkan
konflik merupakan pengamalan sila ke…
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
2.
Pentingnya prinsip
keadilan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia dalam setiap
penyelenggaraan pemerintahan Negara agar tidak terjadi kesenjangan social
merupakan nilai sila ke…
A.
5
B.
4
C.
3
D.
2
E.
1
3.
Musyawarah mufakat selalu
dikedepankan dalam setiap pengambilan keputusan, serta dalam setiap penyusunan
rencana pembangunan di Desa Masbagik Utara Baru agar terwujud pemerintahan yang
transparan dan akunatbel merupakan nilai sila ke…
A.
5
B.
4
C.
3
D.
2
E.
1
4.
Menempatkan kepentingan
umum di atas kepentingan golongan/ kelompoknya dalam penyelenggaraan
pemerintahan agar tidak muncul konflik merupakan nilai sila…
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
5.
Sikap saling menghargai
dalam penyelenggaraan pemerintahan agar tercipta suasana yang harmonis antara
aparatu sipil Negara dengan rakyat merupakan pengamalan nilai sila ke…
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
Masbagik, 4 Agustus 2018
Mengetahui,
Kepala SMAN 1
Masbagik Guru
Mata Pelajaran
H. Syamsul
Mujtahid, S.Pd Ashhabul Yamin, S.Pd
NIP. 19681231 199003 1 083

Comments
Post a Comment